Surat lamaran kerja adalah langkah penting yang menentukan proses rekrutmen kamu selanjutnya. Jika kamu butuh inspirasi contoh surat lamaran kerja, teruskan membaca artikel ini ya!
Surat lamaran kerja yang ditujukan ke perusahaan umumnya amat penting sebagai bagian dari perekrutan. Pihak perusahaan menjadikan surat lamaran kerja sebagai penilaian paling awal  untuk mencocokkan posisi yang kosong dengan kemampuan yang pelamar punyai. Kalau cocok, mereka selanjutnya akan membaca CV kamu. Jika CVmu memang oke, berikutnya mereka mengundangmu untuk proses wawancara.
Kurang lebih, seperti inilah proses yang terjadi di HRD perusahaan dalam menerima calon karyawan baru.
Alur proses perekrutan karyawan baru perusahaan, dari surat lamaran kerja, CV, hingga proses wawancara
Alur proses perekrutan karyawan baru perusahaan
Dari sini kita jadi paham, kalau surat lamaran kerja adalah bagian penting karena menentukan langkah-langkah selanjutnya. Kita harus membuatnya sebaik mungkin. Nah, jika kamu bingung dalam membuat surat lamaran kerja, lihat contoh-contoh surat lamaran berikut ini. (Lihat contoh surat lamaran kerja bahasa inggris di sini)

Contoh Surat Lamaran Kerja 1

Jakarta, 8 Januari 2015
advertisement

Hal: Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Girtandi Gloria
Jl. Durian Raya No. 15
Jakarta Timur
Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. Girtandi Gloria, seperti yang dimuat di harian Koran Merdeka tanggal 6 Januari 2015, saya ingin mengajukan diri untuk bergabung ke dalam tim Finance & Accounting di PT. Girtandi Gloria.
Berikut ini adalah biodata saya:
Nama: Darone Hidayat
Tempat, Tanggal Lahir: Cirebon, 16 April 1990
Usia: 21 tahun
Pendidikan Terakhir: STMIK AMIKOM (S1)
Alamat Asal: Kelurahan Gede Bage, Kota Cirebon
Domisili: Jl. Perjuangan, No. 1 Sunyaragi Cirebon
Telepon: 08522703xxxxx
Email: darone_teater@gmail.com
Saat ini saya dalam kondisi kesehatan yang baik (tidak pernah sakit keras), mampu berbahasa Inggris secara lisan maupun tulisan. Nilai yang saya dapatkan saa mengikuti kuliah sangat memuaskan, serta memiliki kemampuan komunikasi dan leadership yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan komputer, mengoperasikan MS Office, seperti Excel, Word, PowerPoint, berselancar di internet, maupun kirim mengirim surat dalam Bahasa Inggris.
Posisi saya saat ini adalah sebagai staff finance di PT. Barusa Finance. Saya senang belajar, dapat bekerja dalam tekanan, serta bekerja mandiri maupun tim dengan baik.
advertisement

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:
1.      Daftar Riwayat Hidup.
2.      Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
3.      Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4.      Pas foto terbaru.
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan saya untuk wawancara dengan perusahaan Bapak/Ibu, sehingga perusahaan bisa lebih mengenal saya..
Demikian surat lamaran ini saya kirimkan.
Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.
Hormat saya,
Darone Hidayat
Scroll terus untuk melihat surat lamaran kerja yang unik dan kreatif!

Contoh Surat Lamaran Kerja 2

Jakarta, 19 Juni 2015
Hal: Lamaran Pekerjaan
Yth. Bapak/Ibu Manager Personalia
Di Tempat
Dengan hormat,
Berdasarkan iklan lowongan kerja yang saya peroleh melalui internet bahwa perusahaan Bapak/Ibu sedang membuka lowongan Digital Marketing Executive, maka dengan ini saya bernama lengkap Uke Amelia lulusan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia tahun 2015, bermaksud mengajukan lamaran kerja ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk dapat ditempatkan sesuai kualifikasi saya.
Saya adalah blogger dan pemilik toko online yang menguasai beberapa teknik online marketing, antara lain search engine optimization (SEO), search engine marketing (SEM), dan email marketing. Saya amat suka belajar dan mengeksplorasi hal-hal baru.
Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan Curriculum Vitae (CV) serta foto terbaru sebanyak 1 lembar.
Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan harapan Bapak/Ibu dapat menerima saya untuk bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.
Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.
Hormat saya,
Yukke Amalina

Contoh Surat Lamaran Kerja 3 (via Email)

Contoh surat lamaran yang singkat ini biasa digunakan jika surat lamaran dikirimkan melalui email.
Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya kesempatan kerja pada PT ABC XYZ, maka saya berminat mengajukan lamaran untuk posisi Art Director.
Saat ini saya berusia 23 tahun,belum menikah, dan merupakan lulusan dari S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung dengan IPK 3,25. Saya memiliki pengalaman kerja freelancer di Agency Creative “Kotak Ide”sebagai Copywriter creative division sejak tanggal 11 Agustus 2011 sampai dengan Mei 2013. Serta mendirikan “Klik Photography” dan bekerja sebagai fotografer dan editor sejak 23 Januari 2012 sampai dengan sekarang.
Selain itu, saya juga memiliki motivasi tinggi dalam mempelajari hal-hal baru,mau bekerja keras dan minat untuk berinteraksi dengan orang lain serta dapat bekerja sama dalam tim maupun bekerja secara mandiri.Sebagai bahan pertimbangan selanjutnya saya lampirkan Daftar Riwayat Hidup, scan Ijazah, scan transkrip, scan Kartu Tanda Penduduk, dan pas photo terbaru.
Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Atas perhatian serta kesempatan  yang Anda berikan, saya ucapkan terima kasih.
Alex Sinaga

Contoh Surat Lamaran Kerja 4

Contoh Surat Lamaran Kerja Karyawan 4
Contoh Surat Lamaran Kerja Karyawan 4

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Kreatif

Supaya HRD perusahaan benar-benar tertarik dan melihat CV kamu, perlu surat lamaran pekerjaan yang kreatif, unik, dan berbeda! Seperti contoh-contoh berikut ini:
1. Nina Mufleh for Airbnb
Surat Lamaran Kerja Unik - Nina4airbnb
Surat Lamaran Kerja Unik – Nina4airbnb
Nina Mufleh amat ingin bekerja di Airbnb, perusahaan teknologi yang mempermudah kita menyewakan dan mencari kamar kosong untuk tinggal sementara. Sedemikian inginnya, ia membuat website nina4airbnb.com untuk menunjukkan kepada Airbnb bahwa ia ahli dalam melakukan analisa dan eksekusi pemasaran untuk Airbnb. Baca ceritanya di Liputan6.com.
2. Coklat Nick Begley
Surat Lamaran Kerja Unik - Coklat Nick Begley
Surat Lamaran Kerja Unik – Coklat Nick Begley
Kreativitas Nick Begley ini sangat unik, surat lamaran dan resume-nya dibuat dalam bentuk coklat batangan! Di coklat itu, ia menyebut dirinya sebagai “credentials that will satisfy any organization’s appetite“, yang jika diterjemahkan menjadi “profil yang akan memuaskan selera setiap perusahaan”. Baca cerita lengkapnya dalam bahasa inggris.
3. Surat lamaran kerja anak Medan
Surat Lamaran Kerja Unik - Anak Medan
Surat Lamaran Kerja Unik – Anak Medan (pinterest.com)
Ini memang unik, tapi jelas bukan contoh lamaran kerja yang baik ya, hehehe.

Tips & Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Untuk membuat surat lamaran, coba perhatikan beberapa tips berikut agar surat lamaranmu dilirik pihak HRD (sumber: pengalaman pribadi penulis).
1. Jangan lupa lampiran-lampirannya!
Hal yang paling penting saat melamar bukanlah suratnya, namun lampirannya, terutama daftar riwayat hidup atau curriculum vitae/CV. Lihat di sini jika kamu perlu contoh CV (daftar riwayat hidup) yang menarik, atau ini untuk melihat contoh CV bahasa inggris.
2. Buat cover surat yang amat menarik
Setiap perusahaan mempunyai tugas dan pekerjaan yang sangat banyak, sehingga mereka akan sibuk memikirkan pekerjaannya masing-masing. Maka buatlah cover surat lamaranmu semenarik mungkin. Misalnya, dengan tulisan dan desain kertas yang tidak biasa.
3. Masukkan hal-hal yang paling penting
Sesuaikan surat lamaran dengan apa yang ingin perusahaan ketahui tentang kamu. Bukan apa yang kamu inginkan dari mereka. Karena apa yang perusahaan itu ketahui akan membawa nasibmu pada pekerjaan yang akan kamu dapat. Yakinkan pihak perusahaan dengan kemampuanmu di bidang pekerjaan yang kamu mau, lalu pastikan bahwa kamu akan menjadi aset bagi perusahaan mereka. Kemudian, hindari penulisan yang bertele-tele dan jangan sampai suratmu lebih dari satu halaman.
4. Jangan lupakan struktur baku
Struktur surat harus lengkap dan berurutan. Pertama, sertakan paragraf pembuka, menyebutkan sumber lowongan pekerjaan dan posisi yang diinginkan. Paragraf selanjutnya, menyebutkan kesanggupanmu untuk melakukan pekerjaan tersebut. Kamu harus meringkas kualifikasimu yang berisi kemampuan, keterampilan, dan pengalaman. Paragraf selanjutnya tentang ketertarikanmu pada pekerjaan tersebut, dan diakhiri dengan paragraf penutup, sekaligus penyertaan lampiran-lampiran.
5. Buatlah seringkas dan sepadat mungkin
Sudah dibahas di atas, tapi perlu ditekankan lagi pentingnya membuat surat yang pendek. Perusahaan bisa menerima hingga ratusan surat lamaran setiap harinya. Permudah pekerjaan mereka dengan membuat surat lamaran yang ringkas namun padat. Untuk detail, mereka akan melihat CV kamu kok.
5. Cek kembali
Sebelum kamu mengirimkan surat lamaran, cek kembali segala kelengkapan dan bahasa yang digunakan. Jangan sampai ada salah ketik alias typo apalagi salah informasi. Surat lamaran kerja yang memiliki kesalahan ketik menunjukkan bahwa sang pelamar tidak perhatian akan hal-hal kecil. Sebuah nilai minus yang besar.

Download Surat Lamaran Kerja

Apabila kamu masih kesulitan membuat surat lamaran kerja, silakan download beberapa contoh dalam bentuk file Microsoft Word dan PDF berikut ini:
Pada dasarnya, walaupun format contoh surat lamaran kerja di atas berbeda-beda, namun hal pokok yang harus diperhatikan adalah bagian isi. Cantumkan keahlian dan kemampuan yang dipunyai, hal itulah yang akan dilirik dan dipertimbangkan HRD. Semoga contoh-contoh ini bisa membawa kamu ke proses berikutnya, yaituwawancara, dan akhirnya membawamu ke dunia pekerjaan yang kamu inginkan, ya.
Selamat mencoba dan berjuang Job Seekers!